Prak 14 – Project Animasi Komunitas Criativa [2]
01. Judul
Project Animasi Komunitas Criativa [2]
02.Tujuan
Membuat video
animasi dari animatics yang sudah ada sebelumnya
03. Alat
Adobe Ilustrator
CC 2015
04. Bahan
-Animatics
Criativa Photoghraphy Community
-Freepik.com
05. Dasar Teori
Animasi adalah
suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila
kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang
pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi
Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak.
3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software
komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat
perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk
gerakan tertentu.
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak
melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan
animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun
grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer
itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk
menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen komputer
dan diganti dengan image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya dengan
pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui
televi dan film. Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti digit
bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen
komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut,
pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya,
animasi dihasilkan.
Pengertian ¬¬¬Animasi 2 Dimensi
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa
juga disebut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang
artinya gambar yang lucu. Disebut animasi dua dimensi, karena 2D mempunyai
ukuran panjang (X-azis) dan ( Y-axis). Realisasi nyata dalam perkembangan dua
dimensi yang cukup revolusioner yakni film kartun. Dan animasi 2D adalah
animasi yang menggunakan sketsa gambar, lalu sketsa gambar ini digerakkan satu
persatu, maka tidak akan terlihat seperti nyata. Disebut animasi 2 dimensi
karena dibuat melalui sketsa yang yang digerakan satu persatu sehingga nampak
seperti nyata dan bergerak. Animasi 2D hanya bisa dilihat dari depan saja.
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa,
hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata
lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter
animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang
seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan
bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda,
warna dan spesial efek.
06. Hasil Praktikum
07. Kesimpulan
Dalam proses
pembuatan video animasi Criativa Photoghraphy Community ini merupakan tahap
kedua dimana kelompok kami mulai melakukan pembuatan atau pengumpulan aset yang
akan digunakan untuk membuat video animatis dari kelas 2 MMB B. Dalam
pengerjaannya kami membagi tugas berdasarkan jumlah anggota kelompok. Berikut
pembagian tugas dari kelompok kami :
1. Ita Maulania mengerjakan animatics pada bagian awal yakni
(00.00 - 00.10 sec)
2. Nur Rohma Wulandari mengerjakan animatics pada bagian
awal yakni (00.10 - 00.26 sec)
3. Friskila Enggar P. mengerjakan animatics pada bagian awal
yakni (00.26 - 00.45 sec)
08. Daftar Pustaka
-Sitimariahulfah,
"ANIMASI 2 DIMENSI (pengertian animasi, teknik animasi)"; [online]
diakses tanggal 06 Desember 2017,
http://sitimariahulfah.ilearning.me/2016/04/20/animasi-2-dimensi-pengertian-animasi-teknik-animasi/
Komentar
Posting Komentar