Prak 10 – Kuliah Tamu UI/UX Design

01. Judul        : Prak 10 – Kuliah Tamu UI/UX Design

02. Tujuan     :  - Mahasiswa memahami User Interface dan User External Design
 - Mahasiswa dapat sharing dengan pemateri mengenai materi yang disampaikan maupun pengalaman

03. Pemateri  : 1. Yoki Tyas Riesmana
2. Kharisma Cendhika Putra

04. Waktu & Tempat            : Rabu, 15 Nopember 2017 – Rg. Theater Gd. D3 PENS

05. Rangkuman         :
UI & UX à diaplikasikan pada sebuah “produk”
·       Aplikasi digital
·       Gadget
·       Poster
·       Banner
·       Otomotif
·       Dll
UI (User Interface) à Segala sesuatu yang dilihat user pada produk secara visual
UX (User Experience) à segala sesuatu yang dirasakan user ketika berinteraksi dengan sesuatu
: apa yang anda alami ketika menggunakan jasa angkot?
: bandingkan pengalaman anda menggunakan jasa angkot vs taxi à dijemput, ramah, nyaman, nyaman, cepat

UI perbaikan tampilan angkot good UI, UX??

Produk UI UX ada dimana2

Design à aktivitas, merencanakan, merancang, membuat, solutif
Siapa yang memakai? Bagaimana orang bisa menggunakan produk saya

UI & UX Design u/ produk digital à Sebuah produk bukan hanya trlihat cantik/menarik, tp harus mempunyai fungsi dan berfungsi dengan baik

UI Design goal:
·       Colorful
·       Eye catching
·       Futuristic
·       Menarik
·       Keren
·       Cantik
UX Design goal:
·       Clarity
·       Mudh digunkan
·       Nyaman
·       Mudah dipahami
·       Hasil yang cepat
·       Hasil yang tepat
TV, radio, camera, telepon
Peningkatan mutu produk à mempuat produk yang baik menjadi lebih baik, menjadi lebih simple

Mengapa telepon matrik 3? Kemampuan manusia hanya 3 3 3.

DESIGN : Observation à Ideation à Prototyping à Testing
Observe & understand
1.     Amati permasalahan yang terjadi
2.     Pahami betul permasalahan
3.     Jika belum paham, jangan mulai mencari solusi
Think simple, applicable, collect ideas
1.     Simple is more. Jangan menamba2 menjadi rumit
2.     Ide/solusi yg paling mudah diterapkan
3.     1 buah ide tidaklah cukup
Make the most simple way to use
1.     Simple is more, buat prototype yang mudah dipahami dan digunakan
2.     Low or high fidelity. Siapkan berbagai Scenario
3.     Keseragaman, repeat behavior
Use real user who don’t know your product
1.     Tentukan hal apa yang akan ditesting
2.     Siapkan scenario testing
3.     Tentukan kriteria user yang akan melakukan testing
Dengan modal
Zero Knowledge
In
Digital Word

Topcoder à perusahaan berbasis komunitas (crowdsourcing marketpkace), yang menghubungkan pelaku usaha dan para tenaga ahli
Ide yang paling dicari à ide yang simple, mudah digunakan

Solving world class companies problems from home
Skill upgrade, knowledge update, better income
Crowdsourcing membentuk kita à

Lebih berpikir kritis, membentuk proses design thinking yang efektif. Tidak hanya menggambar indah, tapi juga dituntut memahami masalah yang dihadapi client (big company)
Jika gagal terus menerus tapi terus menggali dan mencoba untuk membuat terus, secara tidak langsung anda mendapatkan:
·       Portofolio
·       Skill
·       Experience
·       Client preference

·       Design assets

Komentar