Prak 10 – Kuliah Tamu UI/UX Design
01. Judul : Prak
10 – Kuliah Tamu UI/UX Design
02. Tujuan : - Mahasiswa memahami User Interface dan User
External Design
- Mahasiswa dapat sharing dengan pemateri
mengenai materi yang disampaikan maupun pengalaman
03. Pemateri : 1. Yoki
Tyas Riesmana
2. Kharisma
Cendhika Putra
04. Waktu & Tempat :
Rabu, 15 Nopember 2017 – Rg. Theater Gd. D3 PENS
05. Rangkuman :
UI & UX à diaplikasikan pada
sebuah “produk”
·
Aplikasi digital
·
Gadget
·
Poster
·
Banner
·
Otomotif
·
Dll
UI (User Interface) à Segala sesuatu yang
dilihat user pada produk secara visual
UX (User Experience) à segala sesuatu yang
dirasakan user ketika berinteraksi dengan sesuatu
: apa yang anda alami ketika
menggunakan jasa angkot?
: bandingkan pengalaman anda
menggunakan jasa angkot vs taxi à
dijemput, ramah, nyaman, nyaman, cepat
UI perbaikan tampilan angkot good UI, UX??
Produk UI UX ada dimana2
Design à
aktivitas, merencanakan, merancang, membuat, solutif
Siapa yang memakai? Bagaimana
orang bisa menggunakan produk saya
UI & UX Design u/
produk digital à
Sebuah produk bukan hanya trlihat cantik/menarik, tp harus mempunyai fungsi dan
berfungsi dengan baik
UI Design goal:
·
Colorful
·
Eye catching
·
Futuristic
·
Menarik
·
Keren
·
Cantik
UX Design goal:
·
Clarity
·
Mudh digunkan
·
Nyaman
·
Mudah dipahami
·
Hasil yang cepat
·
Hasil yang tepat
TV, radio, camera, telepon
Peningkatan mutu produk à mempuat produk yang
baik menjadi lebih baik, menjadi lebih simple
Mengapa telepon matrik 3?
Kemampuan manusia hanya 3 3 3.
DESIGN : Observation à
Ideation à
Prototyping à
Testing
Observe & understand
1.
Amati permasalahan yang terjadi
2.
Pahami betul permasalahan
3.
Jika belum paham, jangan mulai mencari solusi
Think simple, applicable, collect ideas
1.
Simple is more. Jangan menamba2 menjadi rumit
2.
Ide/solusi yg paling mudah diterapkan
3.
1 buah ide tidaklah cukup
Make the most simple way to use
1.
Simple is more, buat prototype yang mudah
dipahami dan digunakan
2.
Low or high fidelity. Siapkan berbagai Scenario
3.
Keseragaman, repeat behavior
Use real user who don’t know your product
1.
Tentukan hal apa yang akan ditesting
2.
Siapkan scenario testing
3.
Tentukan kriteria user yang akan melakukan
testing
Dengan modal
Zero Knowledge
In
Digital Word
Topcoder à
perusahaan berbasis komunitas (crowdsourcing marketpkace), yang menghubungkan
pelaku usaha dan para tenaga ahli
Ide yang paling dicari à ide yang simple, mudah
digunakan
Solving world class companies problems from home
Skill upgrade, knowledge update, better income
Crowdsourcing membentuk kita à
Lebih berpikir kritis, membentuk proses
design thinking yang efektif. Tidak hanya menggambar indah, tapi juga dituntut
memahami masalah yang dihadapi client (big company)
Jika gagal terus menerus tapi terus
menggali dan mencoba untuk membuat terus, secara tidak langsung anda
mendapatkan:
·
Portofolio
·
Skill
·
Experience
·
Client preference
·
Design assets
Komentar
Posting Komentar